Skip to content

Tautan Kasih di diklat Prajab

22 Agustus 2009

CRIM0542Diklat Prajab adalah kewajiban dan sekaligus hak Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena secara yuridis, jika seorang PNS tidak melaksanakan Diklat Prajab maksimal 2 tahun maka ia dinyatakan gugur menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tidak terkecuali bagi 2001 orang CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang telah diberangkatkan muali tanggal 03 s.d 19 Agustus 2009.

02 Agustus 2009 pukul 17.00 WIB peserta check in di asrama diklat. Kala itu tampak benar seribu satu macam perasaan tercermin diwajah segenap peserta diklat. Ada yang ceria, dengan sesekali melontarkan canda tawa kepada rekan-rekannya, ada pula yang terdiam dengan pandangan terlempar jauh ke depan, namun ada juga yang menyendiri. Yah…. itulah kesan pertama diklat.

Saudaraku …….!!!

Pertama kali kita berjumpa, masih terbersit kesan keakuan, ego dan rasa ekslusifitas di wajah kita. Kita merasa bangga dengan asal kita bertugas. Kita masih berkelompok dengan teman2 satu instansi saja. Namun … setelah kita disatukan melalui kegiatan outbond, keakuan sirna di hati kita, ego musnah di jiwa kita, yang ada hanyalah rasa cinta kasih dan menjaga. Kita disatukan dalam tautan kekeluargaan yang sangat menakjubkan. Dan itu murni memancar dari sukma kita.

Ketulusan cinta kita yang tertaut dalam diklat, sedikit mengurangi beban kesedihan kita. Kita sedih karena harus meninggalkan keluarga, anak yang baru beberapa bulan lahir, isteri/suami yang sakit, orang tua yang sakit dan seribu satu macam pemberat dalam kehidupan kita. Namun sedapat mungkin kita harus melupakan beban-beban itu, untuk sementara waktu kita konsen dengan tugas pertiwi ini.

Minggu pertama terkesan menjenuhkan, waktu berjalan seakan sangat lama. Minggu kedua begitu jua. Beratnya medan juang ditambah lagi dengan mewabahnya Herves di asrama. Hampir seluruhnya dari kita kolep berjatuhan. Namun disanalah rahasia Allah …. Saudaraku, kita telah dipersatukan oleh-Nya. Dengan banyaknya yang sakit, rasa senasib dan sepenanggungan seakan menggejolak di hati kita. Disanalah awal dari kebangkitan gelombang kita. Kita menyusun upaya dan strategi dalam mengentasan setiap permasalahan yang menghantam. Kita berjibaku dan bekerjasama dalam berprestasi. Kita bersama-sama menerapkan nilai-nilai kebersamaan, Merengkuh buih-buih prestasi dan pada akhirnya kita keluar dari gerbang diklat dengan tanpa seorangpun dari kita yang tertinggal. Kita berhasil saudaraku, kita sukses saudaraku, tak ada seorangpun dari kita yang mengikuti ujian ulang.

Keberhasilan dalam diklat bak tembok yang sangat tebal. Namun dengan tujuan perjuangan yang sama, semangat yang sama, jiwa yang sama, visi yang sama, kita dapat menghancurkan tembok itu. Yang pada akhirnya tanggal 19 Agustus 2009 pkl. 08.30 WIB kep. BKD Kab. Tangerang mengumumkan secara resmi keberhasilan kita. Tak terasa isak tangis dan cucuran air mata haru mengiringi pengumuman itu, sungguh bentuk perjuangan yang sangat menakjubkan ….

Saudaraku … Janganlah kau hapus air matamu, biarlah ia mengering dan menjadi saksi, bahwa air mata inilah yang pernah menyatukan kita, air mata inilah mejadikan kita mengerti hakikat seorang abdi, dan air mata inilah yang membuat kita menghargai betapa bernilainya arti sebuah persahabatan.

Pada akhirnya, sebagai orang yang kalian percayai memimpin kalian, saya ucapkan selamat atas keberhasilan kita semua, terima kasih atas motivasi, sugesti, kritik dan saran, dan mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya….. SELAMAT BERJUMPA KEMBALI DI PUNCAK KESUKSESAN, INGAT SAUDARAKAU DI DEPAN SANA ADALAH PADANG YANG TERJAL DAN TANDUS….., WHEN YOU NOT CHANGE YOU WILL DIE …. DAN SATU HAL YANG TIDAK BOLEH KALIAN LUPAKAN, BAHWA PERNAH ADA KEBERSAMAAN YANG MENAKJUBKAN DI DIKLAT ……. MERDEKA..!!!!

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: